Monday, April 18, 2016

Perangkat Lunak Aplikasi dalam Beberapa Kategori

Perangkat Lunak Aplikasi


Perangkat lunak aplikasi dapat mempermudah pekerjaan kita dalam sehari-hari. Pekerjaan-pekerjaan ini dapat ditulis dengan bahasa pemograman tertentu dan dapat disimpan untuk kemudian digunakan mana kala kita melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sama



Ada banyak sekali perangkat lunak jenis ini, berikut sebagian ragam perangkat lunak aplikasi yang dapat digolongkan pada beberapa besar sebagai berikut :

-          Pengolah kata.Pada pengguna mesin tik dulu banyak timbul kesulitan-kesulitan sebab kita langsung mengetik pada naskah atau kertas sehingga kesalahan pada bagian tengah naskah memaksa kita mengetik ulang bagian naskah sebelumnya. Kesulitan ini diminimalisasi dengan hadirnya perangkat lunak pengolah kata (Word processor) yang memungkinkan kita melihat naskah sebelum dicetak di kertas. Contoh untuk perangkat lunak ini adalah MS Wors, WordStar, Word Perfect, dan sebagainya.

-          Desktop Publishing. Pada prinsipnya banyak kemiripan antara perangkat lunak jenis ini dengan perangkat lunak pengolah kata, hanya saja umumnya desktop publishing memiliki fasilitas-fasilitas yang lebih lengkap. Font-font (jenis huruf) yang lebih banyak, atau kemampuan mengolah gambaryang disisipkan pada naskah, pemeriksaan ejaan dengan bahasa tertentu (misal : Inggris, Jerman, Perancis) dan sebagainya, sehingga perangkat lunak ini selalu digunakan untuk merancang tampilan majalah, buku, dan sebagainya. Contoh perangkat lunak ini adalah Adobe Page Maker.

-          Spreadsheet. Spreadsheet pada dasarnya perangkat lunak yang mampu menampilkan data dalam bentuk lembar kerja pada layar monitor. Perangkat lunak ini umum digunakan sebagai sarana untuk mengolah data-data keuangan(akuntansi). Contoh dari perangkat lunak jenis ini adalah MS Excel, Lotus 123, Quattro-Pro, dan sebagainya.

-          DBMS (Database Management System). Perangkat lunak jenis ini sesuai dengan namanya, digunakan sebagai sarana untuk manipulasi basis data . contoh perangkat lunak jenis ini adalah MS Access, dBASE, Paradox, Oracle, MS SQL Server, dan sebagainya.

-          Perangkat lunak CAD/CAM (Computer Aided Design/Computer Aided Manufacturing). Perangkat ini digunakan sebagai sarana perancangan produk tertentu yang membutuhkan gambar sebagai alat bantunya. Contoh aplikasi ini adalah AutoCAD serta ArchiCAD.

-          CASE (Computer Aided Software Engineering). Perangkat lunak ini digunakan untuk mengotomatisasi penulisan bahasa pemograman tertentu. Pada prinsipnya, penulisan kode akan dilakukan secara otomatiis dengan perangkat lunak jenis ini setelah kita menggambarkan langkah-langkah perancangannya pada layar monitor. Perangkat lunak jenis ini akan sangat memudahkan serta mempercepat pengembangan perangkat lunak. Contohnya adalah Visual BASIC serta Delphi.

-          Program-program untuk aplikasi keteknikan tertentu. Beberapa cabang pengetahuan membutuhkan perangkat-perangkat lunaknya masing-masing. Misalnya untuk alat bantu kolerasi titik-titik bor untuk eksplorasi geologi, orang menggunakan MicroMine atauDatamine sebagai toolnya. Dengan MicroMine atau Datamine penafsiran jenis batuan serta kondisinya dibawah permukaan dapat lebih cepat dilakukan dibandingkan jika geologist melakukannya secara manual. Pembuatan peta geologi misalnya dilakukan dengan GeoCAD sehingga meminimalkan waktu yang diperlukan untuk menggambar serta penafsirannya.

-          Program Multimedia. Komputer saat ini juga banyak digunakan sebagai sarana untuk pengolahan data multimedia yang menyatukan data gambar, suara, serta teks sekaligus. Dengann perangkat-perangkat lunak multimedia, misalnya kita dapat menyunting film sehingga menghasilkan gambaran yang jauh dengan realita yang ada. Misalnya film Superman.

-          Program Permainan (game). Anak-anak saat ini juga merasakan kenikmatan tersendiri dengan bermain-main di depan layar monitor komputer. Komputer saat ini banyak digunakan untuk bermain-main. Banyak ragam permainan yang bisa dilakukandengan komputer. Dari permainan simulasi olahraga dan ketangkasan, permainan adu kecerdikan, dan sebainya.

-          Dan Sebagainya. Banyak sekali kategori perangkat lunak aplikasi yang ada sekarang ini.

Cari Farmasi

Farmasi Di Kuala Lumpur dan Selangor Selangor / KL Area NO SHOPS NAMES ...